SMPN 7 Surakarta melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) selama dua hari yaitu pada Rabu dan Kamis, 21-22 September 2022. Sebanyak 50 peserta didik kelas VIII terdaftar sebagai peserta ANBK. Dari 50 peserta tersebut, 45 peserta didik sebagai peserta utama dan  5 peserta cadangan.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Tujuan utamanya adalah pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional sendiri tidak menentukan kelulusan peserta didik. Hasil Asesmen Nasional diharapkan dapat menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran yang ada di sekolah.

ANBK hari pertama merupakan uji materi literasi, sedangkan hari kedua uji materi numerasi. Kedua materi ini dipilih karena merupakan kemampuan atau kompetensi yang mendasar dan diperlukan oleh semua murid, terlepas dari profesi dan cita-citanya di masa depan. Literasi membaca merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Sedangkan numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Selain mengerjakan dua hal tersebut, para peserta juga harus mengisi survey lingkungan belajar dan survey karakter. Hasil dari asesmen ini nantinya menjadi rapor pendidikan bagi sekolah. Dari rapor pendidikan tersebut sekolah dapat menganalisis dan mengevaluasi apa mana yang sudah baik dan mana yang perlu ditingkatkan dan menjadi program prioritas sekolah.

ANBK SMPN 7 Surakarta dilaksanakan di laboratorium komputer sekolah. Kegiatan ANBK dilaksanakan mulai pukul 07.30 s.d. 09.40 WIB. Selama ANBK semua peserta, pengawas ujian, proktor, dan teknisi wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh, tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Secara umum kegiatan ANBK berjalan dengan lancar. Kegiatan ANBK yang telah dilakukan diharapkan dapat bermanfaat dan mampu mendorong terciptanya iklim belajar yang positif dan kondusif di satuan pendidikan utamanya di SMPN 7 Surakarta. (DE/red).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *