SMP Negeri 7 Surakarta melaksanakan Rapat Pleno Program Sekolah Tahun Ajaran 2022/2023 pada Selasa (26/7). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Sekolah. Rapat pleno program sekolah merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh sekolah. Hal yang berbeda bahwa tahun ini dapat diselenggarakan secara tatap muka sedangkan pada tahun sebelumnya yang melaksanakan secara daring dikarenakan adanya pandemi.

Rapat Pleno Program Sekolah dihadiri oleh seluruh Orang Tua/Wali Peserta didik Kelas VII, VIII, dan IX. Rapat tersebut terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama dihadiri oleh Orang Tua/Wali Peserta didik kelas VII yang berlangsung pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.30 WIB. Sesi kedua dihadiri oleh Orang Tua/Wali Peserta didik kelas VIII yang berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Sedangkan Sesi ketiga dihadiri oleh Orang Tua/Wali Peserta didik kelas IX dan berlangsung sekitar pukul 12.45 WIB sampai dengan 14.15 WIB.

 

Rapat Pleno Program Sekolah dimulai dengan pembukaan dan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan paparan dari Kepala Sekolah, Ibu Siti Latifah S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan paparan mengenai Program Pelibatan Keluarga dalam Penyusunan Program Sekolah SMP Negeri 7 Surakarta. Ibu Siti  Latifah, S.Pd., M.Pd. menyampaikan pentingnya komunikasi dan kerja sama antara orang tua dan sekolah. “Kita bersinergi berkolaborasi karena kita adalah keluarga. Langkah pertama apabila terdapat permasalahan tentunya diselesaikan secara keluarga.”

Acara dilanjutkan dengan memperkenalkan Wakil Kepala Sekolah dan Staf yang secara langsung diperkenalkan oleh Kepala Sekolah. Tak lupa perkenalan Wali Kelas beserta Guru BK yang mengampu pada setiap jenjang kelas. Hal ini dimaksudkan agar orang tua mengenal dan mengetahui informasi berkaitan program sekolah apabila suatu saat membutuhkan bantuan sehingga dapat menghubungi Wali Kelas maupun Bapak/Ibu Guru yang bersangkutan.

Paparan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai program-program sekolah meliputi intrakurikler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler termasuk kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran di SMPN 7 Surakarta. Pada Tahun Ajaran 2022/2023 SMPN 7 Surakarta menggunakan dua kurikulum yaitu Kurikulum 2013 untuk kelas IX dan Kurikulum Merdeka untuk kelas VII dan VIII. Selain itu, Ibu Siti Latifah, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah menjelaskan kegiatan Proyek Profil Pelajar Pancasila. Hal yang menarik, ditampilkan sebuah video pembuatan batik jumputan yang dilakukan oleh salah satu peserta didik SMPN 7 Surakarta. Video tersebut membuktikan sebagai keberhasilan pelaksanaan kegiatan proyek dua.

Mengakhiri paparannya, “Sebaik apapun program sekolah tanpa dukungan dan peran serta orang tua tidak mungkin akan berhasil. Maka partisipasi dan peran serta orang tua sangat penting dalam mewujudkan sekolah berkarakter Profil Pelajar Pancasila.” Pungkas Ibu Siti Latifah, S.Pd., M.Pd.

Acara dilanjutkan sambutan oleh Komite Sekolah, Bapak Soeharso, S.H., M.M. Beliau memberikan penjelasan bahwa sekolah perlu dukungan dari orang tua untuk bersama-sama membangun karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Bapak Soeharso juga berpesan bagi Orang tua/Wali Peserta didik untuk melengkapi seragam dan atribut khususnya peserta didik kelas VII.

Sambutan juga diberikan oleh  Bapak Slameto, S.Pd., M.Pd selaku Pengawas Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Beliau memberikan penjelasan bahwa SMP Negeri 7 Surakarta merupakan salah satu sekolah penggerak tahun pertama. Bapak Slameto mengungkapkan bahwa Orang tua/Wali Peserta didik patut berbangga putra-putrinya dapat bersekolah di SMP Negeri 7 Surakarta. Beliau juga memberikan penjelasan mengenai asesmen berkaitan asesmen literasi dan numerasi yang akan dicapai khususnya oleh peserta didik kelas VIII. Di akhir sambutan Bapak Slameto, S.Pd., M.Pd berpesan, “Mari kita bekerja sama dan mari kita membangun anak yang berkarakter baik di SMP Negeri 7 Surakarta.”

Selesai kegiatan Rapat Pleno Program Sekolah Tahun Ajaran 2022/2023, Orang Tua/Wali Peserta didik diarahkan menuju ke kelas didampingi wali kelas masing-masing untuk diberikan tambahan informasi mengenai tata tertib dan atribut sekolah.(Ely/red).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *