Kader Adiwiyata SMPN 7 Surakarta ikut berpartisipasi dalam Solo Menyapu 2024

Sebagai sekolah adiwiyata nasional yang akan menuju adiwiyata mandiri, SMP Negeri 7 Surakarta terus berupaya menggalakkan penerapan perilaku ramah lingkungan (PRLH) baik di lingkungan dalam sekolah maupun di luar sekolah. Belum lama ini dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia pada tanggal 5 Juni 2024, sekolah mengadakan kegiatan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Kegiatan dilakukan dalam bentuk penanaman pohon, membersihkan lingkungan sekolah, pemilahan sampah, perawatan dan pendataan jumlah tanaman, serta melakukan kampanye hemat air dan energi. 

Peringatan hari lingkungan tersebut melibatkan koordinator pokja dan kader adiwiyata. masing-masing pokja tampak mulai sibuk dari pagi pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00. Ketua adiwiyata SMPN 7 Surakarta, Lidya Stefana Rina mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan upaya sekolah untuk menginternalisasikan budaya cinta lingkungan kepada warga sekolah. “Budaya cinta lingkungan tidak hanya fokus pada anak-anak sebagai sasaran tetapi semua harus terlibat baik guru, TU, pihak kantin, dan lingkungan sekitar”, ujarnya. Guna membumikan cinta lingkungan tersebut maka kader adiwiyata melakukan kampanye penghematan air dan energi ke lingkungan sekitar sekolah di area Nusukan, banjarsari, Surakarta. Para kader tampak antusias dan senang dapat terlibay secara langsung pada kegiatan tersebut.

Solo Menyapu 2024

Mencintai lingkungan hidup dapat diupayakan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah menjaga kebersihan. Dalam mewujudkan hal tersebut, Kota Surakarta telah menetapkan tanggal 8 Juni sebagai Hari Solo Menyapu. Tidak terkecuali di tahun ini, melalui Surat Edaran Sekretariat Daerah Kota Surakarta Nomor: LH.00/1763/ 2024 tentang Peringatan hari Solo Menyapu Tahun 2024 Pemerintah Kota Surakarta menghimbau semua badan/ dinas/ bagian/ dan sekolah untuk menyapu secara serentak pada Jumat (7/6/2024). Tema yang diusung tahun ini adalah “Semarakkan MENYAPU Bersama, Untuk Keindahan Kota Surakarta”. Edaran ini langsung ditindaklanjuti oleh SMP Negeri 7 Surakarta  dengan menyapu bersama yang diikuti oleh guru, TU, penjaga kantin, dan siswa. 

Sebagai kelanjutan dari edaran tersebut juga diselenggarakan event besar Hari Solo Menyapu 2024 di kawasan Car Free Day (CFD) Jl. Slamet Riyadi Surakarta pada Minggu (9/6/2024). Perayaan dimulai dengan long march dari Kantor Pengadilan Negeri Kota Surakarta sampai Perempatan Ngarsopuro. Long march dipimpin oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan diikuti oleh sekolah-sekolah adiwiyata nasional di Kota Surakarta. SMP Negeri 7 Surakarta ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan kader-kader adiwiyata untuk mengkampanyekan gerakan cinta lingkungan kepada masyarakat luas. Tak hanya mengkampanyekan tetapi kader-kader adiwiyata SMP Negeri 7 Surakarta juga melakukan aksi nyata pungut sampah di area CFD. Aksi ini mendapatkan pujian dari pengunjung yang memadati jalan utama Kota Solo tersebut. Salah satu kader adiwiyata, Arkenzi merasa senang dapat ikut dalam kegiatan ini. “Saya mendapatkan pengalaman langsung disini, saya juga senang dapat bertemu dengan teman-teman dari sekolah lain”, ungkapnya. 

Acara Ceremonial Solo Menyapu ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Surakarta. Dalam sambutannya Wawali mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan demi terwujudnya Kota Solo yang nyaman, bersih, dan indah. Tepat pukul 09.00 WIB kegiatan Solo Menyapu 2024 berakhir. Semoga gerakan ini mampu sebagai pelecut menggerakkan masyarakat Kota Surakarta untuk menjaga kebersihan lingkungan. (DE/red).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *