Dinas Pendidikan Kota Surakarta baru saja selesai menyelenggarakan salah satu event tahunan Kreasso 2023. Event unggulan tersebut digelar selama dua hari pada tanggal 24- 25 Oktober 2023. Ratusan sekolah mulai dari PAUD hingga sekolah menengah turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik expo (pameran) dan perform. SMPN 7 Surakarta pada tahun ini berpartisipasi dengan mengikuti expo mengusung hasil produk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Semua tema P5 ditampilkan memenuhi stand yang berukuran 3 x 3 meter. Adapun produk tersebut meliputi poster dan hiasan cangkir anti perundungan tema bangunlah jiwa dan raganya, batik jumputan dan seserahan adat jawa tema kearifan lokal, miniatur bangunan rumah adat dan poster toleransi antar umat beragama tema bhinneka tunggal ika, serta jajan pasar tema kewirausahaan. 

Kegiatan kreasso 2023 dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Dian Rineta, S.T., M.Si. Dalam sambutannya kepala dinas menyampaikan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah berpartisipasi dalam kreasso 2023. Pada tahun ini adalah penyelenggaraan kreasso yang ke-13 sudah banyak inovasi yang dilakukan dalam penyelenggaraan dari tahun ke tahun. 

Selama dua hari ribuan pengunjung memadati Convention Hall Center Tirtonadi. Bahkan pengunjung yang hadir di stand SMPN 7 Surakarta mencapai 700 pengunjung. Salah satu daya tarik pengunjung untuk menghampiri stand SMPN 7 Surakarta adalah adanya demonstrasi langsung pembuatan batik jumputan yang dilakukan oleh para siswa. Pengunjung dapat belajar langsung bagaimana cara membuat batik jumputan. Semua kalangan dimulai dari siswa PAUD, SD, dan dewasa antusias mencoba membuat batik jumputan. Kemeriahan acara Kreasso harus berakhir pada tanggal 25 Oktober malam saat Wakil Walikota Surakarta memukul gendang sebagai tanda ditutupnya kreasso 2023. Semoga ajang kreasso ini mampu meningkatkan kualitas dan kreativitas para siswa di Solo. (DE/red).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *