Senin (22/7/2024) merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua warga SMPN 7 Kota Surakarta. Di hari tersebut sekolah menyambut kedatangan keluarga baru yaitu peserta didik baru Kelas 7 Tahun Ajaran 2024/2025. Sebanyak 256 peserta didik baru yang berasal dari jalur afirmasi, zonasi, prestasi, dan perpindahan orang tua telah hadir di sekolah sejak pagi sebelum pukul 07.00 dengan wajah semangat dan ceria. Guna mempersiapkan peserta didik agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, SMPN 7 Surakarta menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 4 hari yaitu tanggal 22, 23, 24, dan 25 Juli 2024. MPLS tahun ini mengusung tema “Ciptakan Generasi Berkualitas dengan Semangat Belajar dan Berakhlak Mulia”. Tujuan kegiatan MPLS yaitu untuk membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, mengenal lebih banyak tentang kondisi fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, mengenali potensi diri siswa baru, menjalin keakraban antar siswa baru, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif. Selain itu juga untuk penguatan karakter dalam rangka mewujudkan profil pelajar pancasila.

Kegiatan MPLS diawali dengan upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan sekolah. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala SMPN 7 Kota Surakarta, Herni Budiati, S.Pd, M.Pd. Upacara ini diikuti oleh semua peserta didik dari kelas VII, VIII, dan IX. Turut hadir dalam upacara tersebut pengurus komite sekolah dan perwakilan orang tua. Saat upacara berlangsung dilaksanakan prosesi serah terima peserta didik baru dari orangtua (diwakili oleh komite) kepada sekolah. Ketua komite sekolah (Suharso, SH, MM) secara simbolik menyerahkan peserta didik baru kepada Kepala SMPN 7 Kota Surakarta. “Bersama ini saya mewakili orang tua menyerahkan seluruh peserta didik baru kelas VII untuk dididik, dibina, dan mendapatkan pendidikan di SMPN 7 Surakarta”, ujar Suharso. Selanjutnya Herni Budiati, S.Pd, M.Pd. selaku Kepala SMPN 7 Kota Surakarta menerima peserta didik baru kelas VII. “Kami atas nama sekolah mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Bapak/ Ibu orang tua kepada kami, kami terima anak-anak hebat ini untuk kami didik dengan sebaik-baiknya di SMPN 7 Kota Surakarta”, tegas Herni. Selanjutnya kepala sekolah mengalungkan ID card kepada perwakilan peserta didik baru sebagai tanda dimulainya MPLS Tahun Ajaran 2024/2025. 

Selama MPLS peserta didik baru mendapatkan materi tentang pengenalan visi misi sekolah, pengenalan kurikulum, wawasan wiyata mandala, belajar efektif, pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme, Pendidikan karakter, Etika dan tata tertib sekolah, Narkoba dan dampaknya, Pengenalan ekstrakurikuler, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pengenalan Budaya dan Lagu Daerah, Pengenalan Baris Berbaris, Penanggulangan Kebakaran, dan Gerakan Adiwiyata Sekolah. Narasumber MPLS tidak hanya dari internal sekolah tetapi juga mendatangkan narasumber dari luar sekolah yaitu petugas pemadam kebakaran. Penanggulangan kebakaran menjadi materi yang menarik karena ada simulasi langsung bagaimana upaya-upaya menangani kebakaran di dalam dan luar ruangan. Peserta didik diajak melakukan simulasi secara langsung sehingga menjadi pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik baru. Kegiatan MPLS dilaksanakan di aula, ruang kelas, mushola, dan halaman sekolah. 

Hal yang menarik dari MPLS tahun ini adalah adanya demonstrasi dari kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMPN 7 Kota Surakarta. Perwakilan peserta didik dari berbagai ekstrakurikuler unjuk kebolehan dengan memamerkan kepiawaiannya. Banyak ekstrakurikuler yang ada di SMPN 7 Kota Surakarta diantaranya Pramuka, PBB, PMR, Olimpiade, Hadrah, dan Seni Tari.  Adanya pementasan tersebut mampu menghipnotis perhatian dari semua peserta didik baru. 

Setelah semua materi disampaikan kepada peserta didik, pada Kamis (25/7/2024) kegiatan MPLS ditutup secara langsung oleh kepala sekolah. Kegiatan penutupan dilaksanakan di aula sekolah. Dalam sambutannya, Herni Budiati, S.Pd, M.Pd. (kepala sekolah) berpesan kepada peserta didik baru agar mampu mengambil pelajaran yang bermakna dari kegiatan MPLS yang telah dilakukan. Herni juga berpesan agar peserta didik segera mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru serta mematuhi semua kesepakatan dan tata tertib yang ada di sekolah. Selamat datang para tunas muda mari belajar dan terbang bersama untuk Indonesia.(DE/red). 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *